Home » » Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Dari Segi Delapan Fungsi Keluarga

Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Dari Segi Delapan Fungsi Keluarga

Written By Rasyid Rido on Senin, 23 Januari 2012 | Senin, Januari 23, 2012

1. Funsi Agama
Agama adalah kebutuhan dasar bagi semua manusia yang ada semenjak dari kandungan. Keluarga adalah tempat pertama seorang anak mengenal Agama. Keluarga juga dapat menanamkan dan menumbuhkan serta mengembankan nilai-nilai Agama, sehingga anak menjadi manusia yang berakhlak dan bertakwa.


2. Fungsi Sosial Budaya
Manusaia adalah makhluk sosial, ia bukan hanya membutuhkan orang lain tetapi juga ia membutuhkan interaksi dengan orang lain, setiap keluarga tinggal disuatu daerah dengan memiliki kebudayaan sendiri, keluarga sebagai bagian dari masyarakat diharapkan mampu mempertahankan dan mengembangkan sosial budaya setempat, disamping itu keluarga juga mampu menanamkan rasa memiliki terhadap budaya daerahnya tetapi tidak berlebih-lebihan, sehingga ia mampu menghargai perbedaan budaya yang harus dijadikan Rahmat bukan dijadikan bahan ejekan yang menyebabakan terjadinya permusuhan dan perpecahan.


3. Fungsi Cinta dan Kasih Sayang
Mendapatkan cinta kasih adalah hak setiap anak dan kewajiban orang tua untuk memenuhi, dengan kasih sayang orang tuanya, anak belajar bukan hanya menyayangi yang lainnya tetapi juga belajar menghargai yang lain, membimbing dan mendidik anak dengan penuh cinta kasih akan membuat anak berkembang menjadi anak yang lembut, penuh kasih sayang dan bijaksana.


4. Funsi Perlindungan
Kelurga mempuanyi fungsi sebagai tempat unutk berlindung bagi anggota keluarga, dalam hal ini dimaksudkan bahwa keluarga harus memberikan rasa aman, tenang dan tentram bagi anggota keluarganya, dalam ajaran Islam bahwa salah satu tujuan pernikahan adalah diperoleh rasa aman, tenang tenang dan tentram


5. Fungsi Reproduksi
Salah satu tujuan perkawinan adalah melestrakan keturunan, karena itu pengembangan keturunan menjadi tuntunan fitrah manusia, tidak mendapatkan keturunan bagu suatu keluarga akan mengurangi kebahagian bahkan menjadi sebab penderita batin bagi keluarga.


6. Funsi Sosial dan Pendidikan
Orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya, keluarga selain sebagai berfunsi sebagai pendidik juga selain pembimbing dan pendamping dalam tumbuh kembang anak, baik secara fisik, mental, sosial dan sepiritual, orang tua wajib mengarahkan anaknya agar mengenal, mengetahui dan menjalkan kewajibannya.


7. Fungsi Ekonomi     
Pemenuhan kebutuhan berupa sandang, pangan dan papan adalah kewajiban setiap orang tua, tetapi selain dari itu adalah bagaimana mendorong anggota keluargannya untuk hidup sederhana tidak berlebih-lebihan, sehingga ia dapat menghargai sesama


8. Funsi Lingkungan
Kemampuan keluarga dalam pelestarian lingkungan merupakan langkah yang positif. penempatan diri untuk keluarga sejahtera dalam lingkungan sosial budaya dan lingkungan alam yang dinamis secara serasi, selaras dan seimbang, upaya pengembangan fungsi keluarga ini dimaksud sebagai wahana bagi keluarga agar dapat mengaktualisasikan diri dalam membangun dirinya menjadi keluarga sejahtera dengan difasilitasi oleh institusi masyarakat sebagai lingkungan sosialnya dan dukungan kemudahan diri pemerintah.

Allah SWT melarang manusia untuk membuat kerusakan dimuka bumi ini dan melakukan apa saja yang mengancam kelestarian alam dan lingkungan hidup, karena akibatnya akan dirasakan oleh manusia, berdasarkan atas hal itulah bahwa suatu kelurga sejahtera tidak bisa lepas dengan fungsi kelestarian ini.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IDO 17 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger