Home » » Pembentukan Karakter Sejak Dini

Pembentukan Karakter Sejak Dini

Written By Rasyid Rido on Senin, 23 Januari 2012 | Senin, Januari 23, 2012

Masa Balita Adalah Masa Emasa

Masa balita (bayi dibawah lima tahun) dalam siklus kehidupan seorang tidak akan datang dua kali. Masa itu adalah priode paling kritis dalam meningkatkan kecerdasan, emosi, sosial dan sepiritual anak dikemudian hari. Menyadari pentingnya masa balita itu, tidak mengherankan priode itu disebut masa emas.

Priode lima tahun pertama kehidupan anak dipandang penting karena otak manusia pada saat dilahirkan pada dasarnya kurang lebih sama. namun pada lima tahun pertama proses tumbuh kembang seorang bayi berbeda, tergantung asupan dan rangsangan yang diterimanya. makin banyak rangsangan yang diterima, makin cepat perkembangan sel-sel otak balita. makin banyak otak digunakan makin banyak jaringan otak terbentuk. Potensi kecerdasan anak sudah terbentuk 50% pada usia lima tahun, dan mencapai 80% ketika anak mencapai usia 8 tahun. setelah umur 8 tahun, tanpa melihat bentuk pendidikan dan lingkungan yang diperoleh, kemampuan kecerdasannya hanya dapat diubah sebanyak 20%. Disinilah pentingnnya perawatan dan pengasuhan balita. jika berhasil merawat dan mengasuh anak saat balita dengan baik, kenungkinan besar kelak anak akan bertumbuh dan berkembang baik dalam kecerdasan, emosi atau mental, sosial, dan sepiritualnnya.


ASI Ekslusif

ASI (air susu ibu Ekslusif adalah susu jolong yang diberikan sedini mungkin sekitar 30 menit) setelah persalinan. ASI diberikan tanpa jadawal dan tidak diberikan makanan lain, walaupun hanya air putih sampai bayi berumur 6 bulan setelah 6 bulan bayi mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI sampai berumur 2 tahun. Pemberian ASI setelah persalinan bukan hanya sekedar memberi nutrisi kepada bayu, tetapi sekaligus memberi imunisasi pasif. ASI pada awalnya berperan sebagai pencahar dan penghangat pada stadium ASI peralihan dan matur, ASI merupakan nutrisi dan faktor pertumbuhan. Setiap stadium ASI mempunyai peran yang sangat berbeda baik sebagai nutrisi, pelindung, pembersih, penghangat, dan sebagai faktor pertumbuhan. Nutrisi dalam ASI tidak dapat digantikan oleh makanan lain apapun didunia. Pada usia bayi 0 sampai 1 tahun ASI merupakan makanan yang terpenting bagi perkembangan otak. ASI merupakan sumber taurin dan folasin asam linoleat (asam lemak rantai panjang), dan laktosa yang hanya sedikit sekali ada dalam susu sapi. semua unsur nutrisi ini merupakan bahan penting dalam pertumbuhan saraf otak. jaringan otak bayi yang mendapat ASI ekslusif akan tumbuh optimal dan terbebas dari rangsangan kejang sehingga menjadikan anak lebih cerdas dan terhindar dari kerusakan sel-sel syaraf otak. Bayi yang mendapat ASI ekslusif memilki sistem peredaran darah yang lebih baik sehingga kemungkinan kecil untuk terserang arteri osklerosis atau penyakit jantung, dapat terlindung dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, virus, maupin alergi dan akan memiliki kornea mata yang lebih sehat semakin banyak bayi mendapat ASI maka dalam perkembangannya anak lebih sehat, lebih cerdas, lebih stabil emosinya, lebih peka sikap sosial, dan lebih kuat sifat sepiritualnya.   
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IDO 17 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger